Cara Mudah Mengatasi Bunyi Klotok-Klotok Motor Honda CB150R

   
       Salam berjumpa kembali , kali ini saya akan berbagi pengalaman tutorial mengatasi bunyi Klotok-Klotok pada sepeda motor Honda CB150R . Hampir setiap kali saya selalu menjumpai postingan mengenai masalah ini di grup sosial media , banyak sekali analisis para pecinta motor kelas 150 cc mengenai suara Klotok-Klotok yang timbul pada motor pabrikan honda tersebut.ada yang bilang dari tensioner, rante keteng, sampai noken As yang sudah aus dan lain sebagainya.

    Saya sendiri memiliki motor ini dengan versi keluaran awal 2016 dengan berwarna merah Ferrari desain motor ini memang terlihat sangat gagah, ganteng serta sangat cocok untuk generasi milenial jaman sekarang ini. Tapi sayang sekali sampai saat ini masih menjadi misteri siapa penghuni jok blakang si ganteng ini?
Oke lanjut ke topik pembahasan kita mengenai bunyi Klotok-Klotok beberapa waktu yang lalu saya sendiri juga mengalami suara yang timbul di bagian mesin motor injeksi ini, dan sayapun mulai menganalisa secara otodidak sebenarnya apa penyebab dari suara ini, karena memang suara yang timbul sedikit lebih keras dari suara mesinnya itu sendiri. Jadi terasa sangat mengganggu di telinga kita khususnya para pecinta CiBi (sebutan para pengguna All new CB150R Indonesia )
Nah dari sekian banyak tips yang saya baca ada satu tips yang sangat masuk akal dari sesama pengguna Cibi yaitu dari bro hadi lufni di salah satu komentar di postingan grup Facebook. Jadi asal muasal bunyi Klotok-Klotok sebagai berikut :

1. Suara rantai keteng yang sudah mulai kendor akibat faktor usia pemakaian. 

2. Suara rantai keteng yang melibas lidah tensioner ini karena tonjolan LAT (Lifter Asy Tensioner) sudah lemah. Dan biasanya berbunyi seperti ayam kalkun klotok batuk huk huk, untuk memperbaikinya bisa dengan cara mengganti atau di akali dengan membaik gulungan per plat bajanya sehingga pegas tonjolannya kuat kembali. 

3.  Timbul suara tik tik atau gemricik pada mesin biasanya kepala LAT (Lifter Asy Tensioner) sudah oblak atau kendor, untuk memperbaikinya bisa dengan cara mengganti tensioner atau mengencangkan dengan tang sampai tidak oblak / kendor. 

4. Timbul suara gesekan besi yang berbunyi kurang lebih seperti ini (greseeekk greesseeek) suara ini timbul akibat Noken As tidak terlumasi oli secara sempurna, atau terjadinya penyumbatan di filter oli, atau bisa jadi Oilpump sudah lemah. 

5. Dan ini adalah penyebab fatal dari bunyi Klotok-Klotok yang terdengar sangat keras karena beradunya besi degan besi yang timbul pada mesin honda CB150R karena di akibatkan Noken As sudah sangat oblak/goyang. Penyebabnya ialah karena Noken as selalu di biarkan tergesek tanpa pelumasan yang sempurna efek dari oli mesin tidak naik ke head mesin entah itu karena takaran oli yang kurang dari setandar pabrikan atau lamanya penggantian oli mesin tidak sesuai jadwal yang di anjurkan pihak bengkel resmi Honda.
All New honda CB150R memiliki kapasitas oli sebanyak 1.2 Liter dengan setandar oli AHM SPX 1 yaitu oli resmi yang di keluarkan pihak Astra Honda Motor.

Jadi awal mula penyebab bunyi Klotok-Klotok ialah sebagai berikut :
1. Filter Oli yang tersumbat sehingga memengaruhi sirkulasi oli selama melumasi mesin.
2. OilPump yang sudah lemah, sehingga oli susah untuk naik ke atas dan terjadinya pelumasan yang kurang maksimal pada Noken As  di sinilah mulai terjadi pergesekan oblak serta kurangnya pelumasan yang akan menimbulkan bunyi Klotok-Klotok pada mesin CB150R

Nah utuk tips Terhindar dari masalah Klotok-Klotok gunakanlah Oli setandar yang sudah di rekomendasikan pihak Honda, jangan mencoba mengurangi takaran Oli yang standarnya 1.2 Liter hanya menjadi 1 Liter saja, karena itu akan berakibat fatal pada  proses pelumasan yang kurang maksimal.rajin mengganti Oli sehingga oli pada mesin tidak terlalu kotor dan berakibat menyumbat filter oli dan membuat Oilpump menjadi cepat lemah.
Apa bila mengalami keluhan seperti yang sudah di sampaikan di atas alangkah baiknya jika kita langsung berkonsultasi kepada bengkel resmi Honda sehingga bisa segera di tangani dengan baik jangan coba-coba memperbaiki tanpa pengetahuan yang pasti karena bisa saja kita akan memperburuk keadaan. Jadi serahkan saja kepada ahliya untuk meminimalisir kerusakan. 
Oke semoga bermanfaat untuk kita semua jangan lupa share supaya apa yang kamu tahu orang lain juga tahu. 


Original post mimpipunya.blogspot.com 28 Maret 2020

Tags:
Motor Honda, Klotok-Klotok motor CB, All New CB150R Indonesia, Noken As CB150R, Tensioner honda CB. 

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Unknown
    Unknown October 6, 2020 at 1:12 PM

    Mantap gan

    • Indorecipesfod
      Indorecipesfod October 6, 2020 at 7:36 PM

      Trimakasih 🙏

Add Comment
comment url