Pengertian Teknologi Jaringan GEPON Secara Lengkap

            Halo sobat Gaptekers Pada artikel sebelumnya kita telah membahas secara singkat dan lengkap apa itu GPON.
nah artikel kali ini kita akan mengulas perihal pengertian teknologi jaringan GEPON yang merupakan teknologi kanal internet dengan memakai media serat optic yang dikala ini mulai merambah pasar internet Indonesia,langsung saja simak ya penjelasnnya sebagai berikut :

Pengertian GEPON
GEPON merupakan kepanjangan dari
Gigabit Ethernet Passive Optical Network adalah teknik akses fiber optik kecepatan tinggi dengan bitrate mencapai 1Gbps yang telah distandardisasi oleh IEEE 802.3 AH.
Teknologi GEPON ini biasanya digunakan untuk akses fiber FTTH (Fiber To The Home).
Pada awalnya, teknologi ini biasa disebut EPON, namun karena efek layanannya, maka dikenal sebagai Gigabit-EPON.
GEPON merupakan kombinasi yang tepat antara teknologi Ethernet dan teknologi passive optical network. Dengan teknologi GEPON, komponen aktif fiber optic yang digunakan antara OLT dan ONU dapat dikurangi, sehingga dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan dan memudahkan dalam pemeliharaan.

Berikut adalah beberapa komponen GEPON yang harus kalian tahu :

KOMPONEN GEPON

Optical Line Termination (OLT)
Adalah perangkat yang berfungsi sebagai titik akhir (end-point) dari layanan jaringan optik pasif.

Optical Distribution Network (ODN)
Berfungsi untuk menggubungkan Optical Line Terminal (OLT) ke Optical Network Unit (ONU) yang di tempatkan di rumah-rumah pelanggan.

Optical Network Unit (ONU) atau Optical Network Terminal (ONT)
Berfungsi mengubah sinyal optik yang dikirim melalui serat ke sinyal listrik. Sinyal-sinyal listrik ini kemudian dikirim ke masing-masing pelanggan.

Selain komponen GEPON prinsip kerja GEPON yang wajib kalian tahu, dapat kalian simak di bawah ini:

PRINSIP KERJA GEPON
GEPON tidak membutuhkan beberapa protokol yang rumit untuk mentrasmisikan sinyal optik secara tepat sampai ke pelanggan,karena sinyal dari pelanggan bisa ditrasmisikan ke OLT secara terpusat.

Berikut ini adalah fungsi dari GEPON itu sendiri, yuk terus simak artikel bermanfaat ini gaes:

FUNGSI GEPON
1. Fungsi layer fisik OAM(Operation, Administration, Maintenance)
2. Fungsi DBA (Dynamic Bandwith Allocation)
3. Teknologi GEPON mendukung solusi enskripsi pada jalur downstream dan upstream.


Semua alat ataupun sistem pasti memiliki sebuah kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan GEPON itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dan kelebihan dari GEPON 

KELEBIHAN GEPON
1.Teknologi jaringan GEPON memakai line coding 8B/10B yang di maksudkan biar adanya transisi yang cukup antar bit. Dengan keadaan ini, desain perangkat receiver menjadi lebih gampang dan murah.


2.GEPON lebih murah alasannya yaitu waktu laser on/off lebih longgar, yaitu 512 ns. Berbeda dengan GPON, ia mempunyai waktu laser on/off yang cukup cepat, yaitu 44 ns. Hal ini menjadikan GPON mempunyai komponen yang mahal.


3.Implementasi Bersifat Terbuka.
Standar IEEE 802.3ah sengaja meninggalkan banyak detail di luar spesifikasi kecuali untuk layer fisik dan data link saja. Ini dilakukan untuk menjaga fleksibilitas implementasi dan mendorong penemuan dari vendor.


4.Manajemen lebih mudah


5.Penggunaan frame yang menguntungkan

KEKURANGAN GEPON
1.Bandwidth lebih rendah dibanding GPON, GPON pada arah downstream sanggup membawa kecepatan hingga 2.448 Gbps, sedangkan GEPON hanya bisa membawa 1.25 Gbps.


2. masalah interoperabilitas, alasannya yaitu banyak detail dalam standar IEEE 802.3ah yang belum dijelaskan, maka ini mendorong vendor untuk berinovasi. Namun di satu sisi ini menciptakan galau pasar dan kurangnya interoperabilitas.

itulah sedikit penjelasan tentang GEPON semoga bisa membantu dan menambah wawasan kita tentang ilmu teknologi informatika.
terimakasih telah berkunjung di artikel kami.

update Artikel kekurangan-gpon-dan-cara-mengatasinya


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url