5 Jenis Virus Yang Berbahaya Di Dunia Selain Virus Corona

   
   Sebelum dunia ini di gemparkan dengan merebaknya virus corona yang saat ini sedang melanda dunia, ternyata virus mematikan lainnya pernah mewabah di dunia ini dan bahkan ada yang sampai saat ini belum di temukan obat atau vaksin untuk mengobati penyakit yang di akibatkan dari virus yang menjangkit.
Sebelum lanjut ke topik utama admin akan mengulas kembali mengenai virus COVID-19. virus corona pertama kali terdeteksi di kota Wuhan, provinsi Hubei Tiongkok. pada penghujung tahun 2019 Negara cina mengumumkan kasus pertamanya pada 31 desember 2019. virus yang di sebabkan oleh coronavirus jenis baru yang bernama SARS-Cov-2. Penyakit coronavirus juga di singkat sebagai penyakit COVID-19 yang sekarang sudah di tetapkan oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO sebagai Pendemi global.
    Nah sebelum virus corona mewabah di dunia, inilah deretan virus yang pernah menjadi wabah menakutkan juga mematikan di seluruh dunia :

1. Virus HIV dan AIDS
        Virus HIV dan AIDS adalah salah satu jenis virus yang sangat mematikan di dunia, HIV ( Human Immunodeficiency virus) adalah jenis virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh pada manusia, sehingga seseorang yang mengidap penyakit HIV maka sistem kekebalan tubuh orang tersebut sangat lemah untuk melawan bakteri atau penyakit yang menyerang tubuh si penderita HIV.
Sedangkan ADIS ( Acquired Immune Deficiency Syndrome ) adalah penyakit stadium akhir dari HIV yang tidak segera di tangani. Jadi jika seseorang sudah terinfeksi virus HIV dan tidak segera di tangani dengan benar maka si penderita akan mengalami penyakit AIDS dalam kondisi seperti ini si penderita sudah tidak memiliki kekebalan tubuh sama sekali jika ada penyakit infeksi yang menyerangnya.
Dan sampai saat ini belum di temukan obat atau vaksin untuk mengobati penyakit HIV dan AIDS.
Di lansir dari akun resmi twitter @KemenkesRI (kementrian kesehatan Republik Indonesia) pada tahun 2016 jumlah estimasi penderita HIV&AIDS sekitar 640.433 yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

2. Virus EBOLA
      Virus ebola pertama kali di temukan di tahun 1976 di dekat sungai ebola di negara Kongo, Afrika Barat. Virus Ebola di duga berasal dari hewan kelelawar pemakan buah-buahan, virus ini sangat mudah menular dari manusia ke manusia lain melalui cairan tubuh seperti darah, muntahan,serta cairan tubuh lainnya pada penderita virus Ebola. penderita akut akan mengalami kesulitan pembekuan darah, Sehingga akan terjadi pendarahan di internal atau external. Yang dapat di lihat secara langsung seperti pendarahan mulut, gusi, hidung, hingga kotoran yang keluar dari penderita virus ebola, pasien yang mengalami pendarahan cenderung akan meninggal karena mengalami dehidrasi berat serta kegagalan organ tubuh. Sampai saat ini belum ada obat yang benar-benar bisa menyembuhkan penyakit virus mematikan ini.
Menurut data WHO korban jiwa mencapai 11.000 jiwa di afrika barat dari tahun 2014-2016.

3. Virus SARS
Virus SARS ( severe acute respiratory syndrome) pertama kali di temukan di negara cina pada tahu 2002, penyakit yang tergolong mematikan ini bekerja dengan cara menyerang sistem pernafasan pada masnusia, gejala yang sering di alami para penderita virus sars ialah demam dengan suhu di atas 38° celcius. Virus sars menyebar sangat cepat pada awal 2003 ke negara Hongkong dan sekitarnya, pada saat itu korban positif mencapai lebih dari 8000 orang dan korban tewas lebih dari 700 orang.

4 FLU BABI
  Virus Flu Babi atau virus influenza H1N1 pertama kali terdeteksi di Amerika Utara pada tahun 2009 dan menyebar sangat cepat di seluruh dunia, virus flu babi disebabkan oleh virus  Orthomyxoviridae  yang  endemik  pada populasi  babi. Virus ini di tukaran dari orang ke orang melalui tetesan cairan yang telah terinfeksi melalui batuk, atau bersin dari penderita virus flu babi. Gejala seseorang terjangkit virus flu babi ialah demam,sakit tenggorokan, batuk, nyeri sendi dan nyeri otot.
Di lansir dari WHO pada tahun 2009 - 2010 virus flu babi telah menewaskan 575.400 orang di seluruh dunia.

5. Flu Burung
     Virus flu burung atau Avian Influenza adalah virus yang di temukan pertama kali pada unggas tahu 1997. pada mulanya virus ini hanya menyebar dari unggas ke unggas. Namun lama kelamaan virus ini bermutasi yang mengakibatkan penularan dari unggas ke manusia yang di sebabkan oleh infeksi virus H5N1 dan H7N9.
Biasanya orang yang terinfeksi virus flu burung adalah orang yang berkontak langsung dengan hewan atau ternak unggas yang sudah terinfeksi virus H5N1.
virus ini tergolong mematikan jika tidak di tangani dengan cepat dan benar. Gejala awal penderita virus flu burung adalah di tandai dengan demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala, sakit perut, nyeri dada, gangguan pernafasan, pendarahan hidung.

Mah itulah 5 virus yang mematikan yang pernah mewabah di dunia sebelum merebaknya virus Corona atau covid-19.
   Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan untuk kita semua, dan jangan lupa share ke teman-teman agar apa yang kalian tahu mereka juga tahu. 



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url